Jumat, 28 Januari 2011

Pantai Pagar Mentimun

Pantai Pagar Mentimun terletak di Dusun Pagar Mentimun Desa Sei. Nanjung Kecamatan Matan Hilir Selatan tak hanya terkenal dengan terasinya. Desa pinggir pantai ini juga terkenal sebagai daerah tujuan wisata pantai untuk Kabupaten Ketapang. Letaknya tak seberapa jauh, di sebelah selatan kira-kira 60 km dari kota Ketapang.
Walaupun berpenduduk jarang, dusun ini sudah terkenal sejak jaman Belanda. Menurut cerita, konon dusun ini merupakan tempat pelarian pelaut yang terdampar ke sebelah selatan Ketapang ini. Namun karena di sini terdapat banyak sumber ikan, maka menetaplah para pelaut tersebut di kawasan ini. Selain pantai, vegetasi di kawasan ini juga termasuk unik. Yaitu diwarnai dengan hutan semak pinus dan kayu gelam yang jarang. Kawasan ini kering dan sering terbakar karena tumbuh pada tanah pasir kwarsa yang kurus, sehingga vegetasi lain sulit untuk tumbuh.
Saya sempat singgah di Pantai Pagar Mentimun saat saya mengunjungi Padang12. lokasinya tidak terlalu jauh dari Padang12, mungkin hanya sekitar 10 menit menggunakan sepeda motor.
Menurut saya Pantai Pagar Mentimun tidak terlalu menarik sebab kurang adanya pengelolaan seperti tidak adanya plang nama objek wisata serta tidak terdapat kantin-kantin di sekitar pantai mungkin karena jarang pengunjung yang datang karena Pantai dengan Pasir Kunig dan air yang keruh serta banyaknya nyamuk-nyamuk di sekitar pepohonan tempat saya bersantai.

Mungkin dengan pengelolaan yang lebih baik dapat menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata yang lebih menarik. seperti pembuatan plang nama objek wisata, kantin-kantin, pondok-pondok untuk bersantai serta permainan air seperti banana boat dll..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar