Kamis, 20 Januari 2011

Misteri Padang 12 Ketapang

Padang 12 terletak di pertengahan antara kota ketapang dan kendawangan, atau berjarak 60Km dari kota ketapang atau 20Km dari arah Kendawangan.
Padang 12 sampai sekarang masih menyimpan sejuta tanda tanya. masyarakat mempercayai di kawasan ini dihuni komunitas bangsa Halimun atau Orang Kebenaran adalah orang suci dan jujur. ada juga yang percaya "orang kebenaran adalah golongan Jin Muslim yang bermukim di daerah tertentu. Namun sekelompok masyarakat lain juga mempercayai bahwa "orang kebenaran" merupakan keturunan malaikat Harut dan Marut. Tapi yang pasti adalah beragam cerita seputar Padang 12 di percayai masyarakat, bahkan ada cerita pertolongan yang di berikan manusia secara kebetulan telah memberkahi keturunan masyarakat itu.

Di depan Tumpukan Pasir

Disebut Padang12 karena di lokasi ini hanya 12 kilometer yang di yakini penuh dengan misteri. Kawasan ini di penuhi dengan pasir kuarsa yang ditumbuhi oleh pohon kayu putih(pinus). kendati di yakini 12 kilometer, namun pandangan kalangan tertentu, kawasan ini adalah kota besar alam gaib, bahkan harta karun juga dipercaya tertimbun di Padang12.

Di lain sisi di catatan kantor yang mengurus tentang kendaraan roda empat, setelah di survey ternyata banyak mobil-mobil mewah seperti Ferrari,Mclaren, pesawat pribadi dll terdapat di kota ketapang, tetapi mereka yang asli orang ketapang belum pernah melihat mobil-mobil tersebut apalagi pesawat pribadi segala, bandara di ketapang hanya ada 1 secara akal sehat gak mungkin ada landasan lain.
Penampakan pada kalangan tertentu pernah terjadi, sering kali warga menemukan kejadian aneh di kawasan itu, dari wujud manusia sampai babi berbulu merah pernah warga temukan di Padang12. Misalnya saja Mat Noor, perjalanan dari ketapang ke kendawangan di dalam suatu bis, dia bertemu orang tua yang memiliki jambang panjang. selama bis melaju mereka bercerita panjang sampai di kawasan Padang12, orang tua itu turun dan mengajak Mat Noor pergi, tetapi dia menolak dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis.
Bagi orang, jika penumpang turun di kawasan itu hal yang biasa karena di kawasan itu sudah di percayai kawasan orang kebenaran. ketika ngobrol panjang di dalam bus, Mat Noor sempat mengunyah permen yang di beri, tapi bungkusannya diminta kembali. Kejadian tahun 1987 itu ternyata membuat Mat Noor bisa mengobati orang yang sakit hingga sekarang.
Pasir Putih membentuk jalan kedalam


Cerita lain, ada seorang bidan bersalin di ketapang namanya bidan Ratna, suatu malam rumahnya di ketuk oleh beberapa orang sekitar jam 2an. ternyata ada orang yang mau melahirkan dan naluri seorang bidan langsung mengeksekusi pasien, setelah selesai melahirkan mereka langsung minta pulang saja. mereka tidak mempunyai uang untuk di berikan kepada bidan sebagai ucapan terima kasih, tetapi mereka hanya memiliki sekantong kunyit(rempah untuk masak) dan bidan menerima dengan ikhlas kunyit tersebut. setelah mereka pergi, bidan pun melanjutkan tidur, keesokan paginya si bidan kaget dengan berubahnya kunyit tersebut menjadi emas. setelah diselidiki ternyata yang melahirkan pada malam itu adalah salah satu masyarakat Padang12, sampai sekarang emas tersebut masih ada di simpan oleh sang bidan.
Berbeda lagi dengan perjalanan seorang pedagang dari ketapang ke kendawangan dengan menggunakan sepeda. dalam perjalanan pedagang itu bertemu dengan orang tua dan anak kecil. oirang itu meminta air kepadanya. air yang diminta tak di berikan oleh pedagang itu. karena tak di beri orang tua itu mengatakan tidak mengapa. anehnya perjalanan pedagang itu baru sampai ke kendawangan seminggu lamanya. dia masuk keluar hutan hingga akhirnya barang yang dibawanya habis di tengah jalan karena terjatuh.
Ada juga cerita lain dalam perjalanan ada yang menahannya dan meminta rokok. bukan hanya rokok yang di beri tapi di ajak bicara dan diajak makan bekalannya. setelah orang tadi pergi, tujuan ke kendawangan hanya dikayuh dengan sepeda dalam hitungan menit.


Ada juga yang berpendapat bahwa itu daerah jin, makanya tidak bisa di lihat manusia. daerahnya dikelilingi Halimun(kabut gaib) dan ada cara untuk melihat daerah tersebut ungkapnya, yaitu:
  1. Niat kita mesti jelas (baik atau buruk), maksudnya kita harus memiliki niat atau tujuan yang bisa mereka anggap layak, seperti keinginan mempelajari ilmu gaib atau mencari harta dll.
  2. Kita harus puasa dulu,tidak boleh makan daging selama 1 minggu, hanya boleh makan nasi putih dan air putih, ini supaya badan kita tidak bau dihadapan mereka.
  3. Jika point di atas sudah dilakuin, kita pergi kesana pada malam hari jam 23:45 dan jangan lupa bawa embun pagi dari arakan pohon pisang pagi hari untuk membasuh mata kita jadi kita bisa melihat jalan kesana.
  4. Ini yang paling penting, siapkan Jantung dan Mental kita dengan baik, karena kita akan takjub malah kita mungkin tidak mau balik ke dunia manusia lagi. kalo kita sering liat Jin atau setan dengan wajah seram itu semua tidak benar. Jin atau setan ataui iblis wujudnya tidak beda jauh dengan manusia.
 Banyak orang yang ingin membuktikan keberadaan daerah itu cuma tidak pernah ada yang melihat langsung, konon katanya penduduk setempat(orang limun/orang kebenaran) mempunyai pesawat pribadi, mobil mewah dan sebagainya layaknya manusia normal, tetapi bedanya mereka tidak mempunyai belahan di bawah hidung diatas bibir.
Padang yang luas. Entah dimana awal dan ujungnya


Saat saya mendapatkan tugas kerja di ketapang, saya menyempatkan diri datang ke daerah Padang12 sebab ada yang mengatakan jika datang ke ketapang dan belum ke Padang12 itu masih belum sah. he3x
Bersama 4 rekan kerja saya pergi mengunjungi Padang12 menggunakan sepeda motor. perjalanan yang di tempuh sekitar 1,5 jam dan kami sempat rehat sejenak di jembatan pesaguan sebelum sampai di Padang12.
Jembatan Pesaguan
Padang 12


Lokasi Padang12 banyak terdapat pasir kuarsa putih yang menjulur seperti jalan yang lurus kedalam dan  di kelilingan tumbuhan-tumbuhan seperti pohon kayu putih. ada 2 buah tumpukan pasir kuarsa putih di area depan yang di percaya sebagai Gapura atau Gerbang masuk.

15 komentar:

  1. saye sering lewat di padang 12 tu....

    tempat nye meranik untuk dikunjungi,

    cume masalahnye belum ade yang berani, untuk bermalam disitu... maklum,,, rada2 mistik juga...

    BalasHapus
  2. aq juga sudah sering lewat sini kalau mau ke kendawangan,, n aq juga pernah mgalmi hal2 mistik sperti crta di atas kyk yg mmnta tmpangan , wew

    BalasHapus
  3. salam hangat ita, iya benar yang anda katakan daerah di sana sangat kental nuansa mistik nya apalagi mendengar cerita-cerita dari masyarakat di sekitar sana. tapi menarik juga mendengar cerita mereka. heheh

    BalasHapus
  4. salah hangat dhanierezpet'hardcore. benar ato tidak saya juga belum bisa memastikan karna saya belum pernah mengalamai ato melihat hal-hal tersebut, namun dari cerita masyarkat di sekitar sana ya seperti cerita saua di atas. he3x

    BalasHapus
  5. umy diary: anda tinggal di ketapang ya.?? bisa berbagi cerita tentang kawasab padang 12..??? hehehhe

    BalasHapus
  6. Jadi pengen ke padang 12.....ULIL GG

    BalasHapus
  7. saya tau cerita ini dr kkak saya, saya pnasaran trs saya buka web,nyaa...
    mrinding deh kl ak bca..
    tmn kkakq blg,lwt sna mlm2,phon@ d sktarny ky brubah jd tulang2 mnusia...
    hihihih,takuttttt

    BalasHapus
  8. Mantap Bro, saya pengen ksana tapi nggak jadi2 trus, kata orang yg ingin mengajak kami ksana dia bilang kami harus bersih luar dan dalam...
    Padahal kami ingin skali melihat warga di sana ( Orang Limun ).

    BalasHapus
  9. hmmm jadi pengen pulak ke sana,,,hehehehe

    BalasHapus
  10. masih banyak cerita menarik mengenai padang 12,
    lebih menarik lagi bila mendengar langsung cerita tersebut dari masyarakat sekitar.

    BalasHapus
  11. bagus lah . masih ada yang peduli dengan kota tercinta kita dengan membuatkan blog promosi

    BalasHapus
  12. ROMA IRAMA JUGA PERNAH KONSER DI PADANG 12. GK PERCAYA TANYA AJA ROMA IRAMA, ATAU ORANG SANA(HALIMUN).

    BalasHapus
  13. assalammualaikum wr.wb.
    ini jalan satu arah menuju t4 asal aku,tapi lbih mistis crita ttg bukit lempang desa riam danau kecamatan jelai hulu kabupaten ketapang,..
    kalau ingin tahu lebih,silakan cek atau cri tahu info nya d masyarakat sekitar,..
    terimakasih...

    BalasHapus