Sabtu, 11 Desember 2010

Air Terjun Tikalong

Perjalanan ini saya mulai pada tanggal 29 Juni 2010,dari Pontianak pukul 08:00, dengan menggunakan 2 buah sepeda motor, saya dan tiga teman saya (Herman,Hendro dan Kasdy)  mulai memacu kendaraan, sekitar 1 jam perjalanan kami istirahat di sui-pinyuh untuk makan serta sekedar menghilangkan lelah dan menambah stamina serta membeli beberapa makanan ringan untuk kami nikmati di Air Terjun Tikalong, setelah cukup segar kami lanjutkan perjalanan menuju ke Anjungan - Toho. di daerah Toho kami melewati sebuah tempat yang di namakan Gua Bunda Maria, ingin rasanya singgah sejenak namun karena keterbatasan waktu jadi kami terus lanjutkan perjalanan dan singgah sejenak di sebuah warung kecil di tepi jalan untuk mengisi bensin. karena tidak ada petunjuk jalan jadi kami bertanya kepada ibu yang menjual bensin itu tentang lokasi Air Terjun Tikalong. dengan ramah kami di beritahu soal lokasi tersebut dan tanpa buang waktu kami langsung melanjutkan perjalanan. Jalan Raya di sana cukup mulus meskipun tidak teralu besar jadi harus berhati-hati apabila berpas-pas an dengan kendaraan yang berlawanan arah.

Selama perjalanan kami di kelilingi pegunungan-pegunungan dan tentunya dengan hawa yang cukup sejuk. Di sepanjang perjalan banyak terdapat rumah penduduk dan kami di sapa oleh binantang-binatang kesayangan mereka seperti babi,anjing,ayam,kerbau,kucing dan binatang lainnya yang berkeliaran di tepi jalan. Adat di penduduk situ masih kental jadi kami juga extra hati-hati saat melintasi daerah pemukiman mereka dan jangan sampai menabrak binatang peliharaan mereka karena akan di kenakan sanksi sesuai Adat di sana.
Setelah melewati daerah karangan, jalan aspal yang mulus mulai berkurang dan di tambah dengan lubang-lubang yang tidak beraturan, setelah 15 menit melalui jalan yang rusak tersebut kami sudah sampai di Air Terjun Tikalong(sekitar pukul 11:00) Air terjun tikalong terletak di sebelah kanan jalan dan akan terlihat gerbang lusuhnya.

Biasanya di depan gerbang ada penjaga yang meminta uang tiket masuk, namun karena saat itu bukan hari libur jadi tidak ada penjaga sehingga kami bsia masuk dengan gratis. Dari Pintu Gerbang kami berjalan kaki kira-kira 2menit (selama berjalan kami di temani oleh sungai kecil yang mengalir lumayan deras) dan sampai di Air Terjun Tikalong.

Air terjun tikalong dengan ketinggian kira-kira 5 meter ini,  Tanpa membuang waktu kami langsung bermain di air terjun tersebut dengan sesekali menikmati bekal yang kami beli di sui-pinyuh. tanpa terasa sudah pukul 13:00 dan kami pun melanjutkan perjalanan pulang ke pontianak, sepanjang perjalanan kami basah kuyup karena hujan yang turun cukup deras. setelah 2 jam perjalanan pulang kami singgah di daerah Purun untuk menghangatkan badan dengan secangkir kopi atau Teh ditemani dengan obrolan-obrolan kecil seputar Air Terjun Tikalong yang baru kami kunjungi.

Kami tiba kembali di pontianak sekitar pukul 16:00 dan kami harus segera bersiap-siap untuk mengikuti perkuliahan di kampus pada pukul 17:00. Meskipun Lelah namun kami cukup senang dengan perjalanan tersebut.  Air terjun tikalong merupakan salah satu pilihan wisata yang menarik di kalimantan barat dan tidak jauh seperti tempat-tempat wisata lainnya.

7 komentar:

  1. keren bos..jadi pengen visit ke sana ni.boleh nanya rute jls nya gak dmna??kalau pke bis bsa gak?tenks

    BalasHapus
  2. dari pontianak menuju ke sui pinyuh (50KM atau sekitar 1,5 jam).
    dari sui pinyuh ambil arah ke daerah anjungan trus ke toho trus sampai di tikalong.
    dari sui pinyuh menuju air terjun tikalong sekitar 70 KM atau 1,5 jam).
    pakai bis juga bisa, klo dari pontianak naik bis ke tujuan Seluas, ntar minta berhenti aja klo udah sampai di air terjun tikalong.
    moga terealisasi bro.

    BalasHapus
  3. oh gitu,rencananya sih tgl 24 desmbr ini mau ksna.boleh bikin kemah gak ya di sana?..tenkyu sangat bos info nya.hhe

    BalasHapus
  4. bikin kemah sih bisa aja bro tapi mgkn lebih baik gak perlu repot2 bikin kemah biz lokasinya gak jauh dari keramaian kog jadi mending nginap di hotel atau penginapan aja.
    kemah sih memang asyik apalagi kalo ramai2 dengan teman2.
    good luck bro moga terealisasi.

    BalasHapus
  5. kondisi jalannya gmn boss, kalo pake mbl pribadi bisa langsung sampe lokasi gak ??

    BalasHapus
  6. kondisi jalan mulus, cuma ruas jalan kecil hanya pas untuk 2 kendaraan roda 4. jadi misal klo berpapasan dengan mobil lain musti hati2.

    sebelah gerbang air terjun ada kantin n tempat parkir yang luas.

    BalasHapus