Sabtu, 18 Desember 2010

Pulau Randayan (4)

Tanggal 17 Oktober 2010.
Rombongan kali ini hanya berjumlah 20 orang dan liburan ini hanya berlangsung 1 hari di karenakan beberapa peserta tidak dapat menginap
Para Peserta




Foto di depan Penginapan


Berangkat dari Pontianak Pukul 05:00, Istirahat sejenak di Sui-Pinyuh dan tiba di dermaga teluk suak sekitar pukul 08:00. Air laut sudah pasang dan kami pun langsung berangkat menggunakan kapal menuju Pulau Randayan.
Di atas Kapal Menuju Pulau Randayan

Tiba di Pulau

Tiba di Pulau Randayan sekitar pukul 10:00, rehat sejenak untuk menambah stamina
Santai di bawah pohon
Di atas bebatuan

dan setelah itu mereka langsung berenang dan snorkling meskipun terik matahari sangat menyengat tetapi mereka terlihat bersemangat dan sangat menikmatinya.
Snorkling
Air Laut yang jernih
Pemandangan Alam yang indah

Sangat menyenangkan bermain-main dengan ikan nemo. banyak sekali ikan nemo yang terdapat di Pulau Randayan.
Ikan Nemo dan Anemon

Secara umum ikan nemo berukuran kecil, maksimal mereka dapat mencapai ukuran 10-15cm. berwarna cerah,tubuh lebar(tinggi), dan di lengkapi dengan mulut yang kecil. sisik nya relatif besar dengan sirip dorsal yang unik.
Popularitas ikan nemo tidak terlepas dari perilaku simbiosisnya dengan beberapa jenis anemon. Anemon,yang bagi jenis ikan lain beracun, bagi ikan nemo merupakan tempat berlindung yang aman dan nyaman.Ikan nemo kerap dijumpai bersembunyi, berselimut dan bercengkrama diantara tentakel-tentakel anemon yang beracun.
Beberapa ikan nemo di bawa pulang ke pontianak sebagai ole-ole dari pulau randayan, ada juga yang membawa kerang-kerang yang unik dan berwarna-warni, sangat menarik jika di simpan di dalam aquarium ikan.
Ikan Nemo yang ditangkap

Tidak terasa sudah pukul 15:00 dan kami pun harus segera beranjak dari Pulau Randayan untuk pulang ke Pontianak. beberapa peserta mabuk laut, mungkin karena perjalanan yang terlalu melelahkan hari itu namun masih tampak senyum kecerahan dan kepuasan dari wajah mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar